Minggu, 13 Oktober 2013

Lumbal simpatektomi surgery di lakukan terhadap pasien buerger disease di RSCM

Bedah vaskular dan endovaskular indonesia |Lumbal simpatektomy surgery | merupakan tekhnik operasi yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah vasokonstriksi pembuluh darah perifer pada kaki oleh berbagai sebab , dan penyebab yg di yakini sebagai penyebab utama adalah merokok untuk jangka waktu yang lama. Pada pasien ini setelah di tegakkan diagnosa suatu buerger's desease maka dipersiapkan operasi lumbal simpatektomi. Pada kesempatan di tampilkan gambaran plantar pedis sebelum dan sesudah dilakukan operasi . ketepatan penanganan akan menghindarkan pasien dari amputasi-amputasi selanjutnya.


Posisi sedikit miring ke kanan sesuai dengan tungkai yang akan di lakukan lumbal simpatektomy yaitu sisi sebelah kiri maka kita akan mengambil ganglion sebelah kiri dengan insisi pada perut sebelah kiri dan rongga perut di buka lalu di buka lapisan perut belakang dekat dengan tulang belakang . Pastikan di mana aorta dan otot psoas terletak cari gangglion yang ada di antaranya dan pada kasus ini di buang 3 buah ganglion secara berurutan dari beberapa ganglion yang berada di daerah tersebut. Kami harus pastikan bahwa ini benar ganglion yang di tuju sebab jika salah akan menyebabkan timbulnya permasalahan baru yg tidak kita inginkan.. 



Gambaran plantar pedis kiri yang terekam sebelum dilakukan operasi lumbal simpatektomy . Pada gambar juga terlihat bahwa digiti 2 telah mengalami amputasi dan terlihat jari-jari lain mulai mengalami kebiruan sebagai pertanda bahwa bagian yang lain telah cenderung mulai mengikuti jari 2 tersebut. Hal ini berdasarkan pengalaman selalu akan terjadi sesuai dengan perkembangan waktu . Makanya dahulu sering kami di praktek kedokteran di perifer sering menjumpai kasus buerger's disease yg di lakukan amputasi kemudian masalah muncul ditempat lain dan mengalami amputasi secara bertahap bahkan sampai ke pangkal paha.

Tumpukan deposit yang terjadi pada masa lalu akibat nikotin rokok yang bersarang di pembuluh darah penderita ini tidak dapat dengan serta merta terhapus meski panderita ini telah mengakhiri masa merokok tersebut cukup lama. Jadi simplenya adalah masa merokok yg dilakukan sewaktu muda dulu memperlihatkan wujudnya setelah usia pertengahan atau tua..agar bisa


Tidak lama setelah operasi lumbal simpatektomi dilakukan tampak bahwa bagian kebiruan pada daerah perifer plantar pedis telah mengalami reduksi secara kasat mata dan sangat bermakna secara pengalaman klinis dari beragam kasus yg kami lakukan .Serta lebih baiknya lagi bahwa rasa nyeri yang dialami penderita mengalami penurunan juga secara nyata sehingga penderita dapat tidur lelap di malam hari seperti yang di idamkan oleh penderita.

Sebenarnya mesti di pahami bahwa kejadian kegagalan sangat di tentukan oleh ketepatan dan selektifnya dalam mencari , memilih dan menentukan ganglion yang akan di ambil .

post by dr ramzi a spb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

dont be shy, leave your comments