Sabtu, 07 September 2013

Demo penggunaan laser terapy pada pasien varises oleh tim bedah vaskular RSCM jakarta

Bedah Vaskular dan endovaskular Indonesia | Endo Vaskular Laser Therapy | EVLT merupakan salah satu pilihan terapi penanganan varises yang relatif aman dan dapat dilakukan dengan pembiusan lokal saja , dengan memberikan hasil yang baik. Pada moment ini dari tiga pasien yang dilakukan tindakan laser terapi semuanya dapat dilakukan dengan baik dan hasil yang didapat sungguh sangat memuaskan.


Foto pasien terakhir yang baru dilakukan beserta seluruh tim demo . tampak pasien sudah dapat berjalan dan berdiri sesaat setelah operasi . Terlihat kedua tungkai  pasien setelah di operasi di pasang medical stocking dan pasien langsung bisa pulang berobat jalan.



Acara demo pengunaan EVLT ini seyogyanya direncanakan pada hari sabtu dan minggu tanggal 31 juli dan 1 agustus 2013 . Dr R Suhartono SpB (K) V dan Dr Patrianef SpB (K) V yang di jadwal sebagai operator pada 31 agustus 2013 berhalangan karena ada kegiatan operasi pada vaskular center di rumah sakit internasional bintaro dengan agenda tindakan minimal invasif multiple stenting pada aorta dan iliaka yg terjadwal secara tiba-tiba atau emergensi  , so penanganan pada hari itu dilakukan oleh dr Dedi Jaelani SpB (K) V , Dr Jaka SpB , Dr Putie SpB dan Dr Fauzi SpB. Pasien pada hari itu di evaluasi dengan USG doppler ternyata tidak memungkinan untuk dilakukan sehingga re schedule untuk hari minggu.

Selanjutnya pada hari minggu dengan tim operator dr Dedi Pratama SpB (K) V dan Dr Ismon K SpB(K) V dengan didampingi oleh Dr Vendri SpB , Dr Agnes SpB , Dr wahyu SpB dan Dr Ramzi SpB Dengan persiapan yang amat baik di jadwal tindakan operasi untuk 3 ekstremitas bawah dari 3 pasien yang berbeda

Kegiatan operasi pada hari minggu itu berjalan dengan lancar dan sangat memuaskan di mana hasil operasi langsung dapat di lihat dan dievaluasi dengan USG doppler dan varises tidak terdeksi lagi langsung setelah dilakukan operasi laser tsb.

Tahapan penanganan di mulai dengan evaluasi ulang daerah yang akan di operasi dengan USG doppler , pasien berbaring di meja operasi . Di lakukan insersi kanul jarum ke vena safena magna dengan guiding USG . pasang wire , masuk sheet dengan alat laser di ujungnya , alat di hubungkan ke mesin laser, insersikan normal salin dan lidocaine disekitar jalan vena yang akan di laser dengan bantuan guaide usg juga. dan laser di tembakkan secara perlahan - lahan . Selanjutnya dilakukan pemasangan medikal stocking dalam hal ini merek venosan . dan pasien di anjurkan untuk latihan berdiri dan berjalan sesaat setelah tindakan selesai.

Parade foto selama kegiatan berlangsung :













Saat melakukan insersi jarum ke arah vena safena pada daerah di bawah lutut , ini dilakukan dengan guiding USG .


















Saat melakukan insersi normal salin dengan lidocain di sekitar pembuluh daerah vena safena magna dengan guiding usg juga













Alat laser terapi yang di gunakan ,

EVLT ini adalah salah satu pilihan dari sekian banyak penanganan terhadap varises ... selain penaganan dengan  scleroting agen , cara mekanis , operasi stripping , atau dengan mengambil daerah-daerah yang menonjol melalui operasi.. so mana yang harus menjadi pilihan untuk varises anda ?

posting by dr ramzi a spb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

dont be shy, leave your comments